Sabtu, April 12, 2008

Rumah Sakit Padang Panjang Bertaraf Internasional



"Profesional, Bermutu Tinggi dan Terjangkau"

Penantian panjang warga Kota Serambi Mekkah dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya, terjawab sudah. Jum'at (4/4), Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Padang Panjang diresmikan Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI, dr. H. Farid W.Husain, S.pB. RSU Kota Padang Panjang hadir dengan sasaran utama untuk mengembangkan rumah sakit baru representatif yang berwawasan lingkungan.

Dalam upaya penekanan pelayanan kesehatan yang efesien, bermutu, merata serta terjangkau. Departemen Kesehatan RI (Depkes RI) mempunyai visi “masyarakat mandiri dalam hidup sehat” dan misi “membuat rakyat sehat”, visi dan misi ini diaplikasikan melalui beberapa strategi utama yaitu menggerakan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, meningkatkan sistem surveylans, monitoring dan infomasi kesehatan serta meningkatkan pembiayaan kesehatan.

Demikian sambutan Menteri Kesehatan RI yang dibacakan oleh Dirjen Pelayanan Medik Depkes dr. H. Farid W.Husain, S.pB. Turut hadir bersama Wako Suir Syam adalah Asisten III Sekda Prop. Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Rektor dan Dekan Fakultas Kedokteran UNAND dan UI, Ketua DPRD Kota Padang Panjang beserta anggota, unsur Muspida, Ketua PN, Komandan Secata-B Rindam I Bukit Barisan, Komandan Kompi Brimob Polda Sumbar di Padang Panjang, direktur RSUD se-Sumbar, pimpinan SKPD baik otonom maupun sektoral dan instansi terkait se-Kota Padang Panjang, angku-angku, ninik mamak, cadiak pandai, bundo kanduang, serta segenap masyarakat.

Lebih lanjut Farid menyampaikan bahwa sesungguhnya pembangunan kesehatan pada tahun 2007 merupakan bagian dari upaya pencapaian sasaran pembangunan kesahatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2004 – 2009 yaitu meningkatnya status kesehatan dan gizi masyarakat yang ditandai dengan meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya angka kematian bayi dan ibu hamil, serta menurunnya prevalensi gizi kurang pada anak balita. Maka dalam rangka mendukung tercapainya sasaran RPJM kebijakan perumah sakit an diarahkan untuk terwujudnya pelayanan medic prima di rumah sakit melalui pemenuhan sarana, prasarana, SDM dan pelaksanaan “good clinical governance”. Rumah sakit perlu meningkatkan kemandirian terutama dalam pengelolaan keuangan sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan merata terhadap masyarakat, pemerataan pelayanan diarahkan melalui pemberian dana subsidi pasien tidak mampu / gratis di kelas III, “ dimana rumah sakit daerah / kota harus berfungsi sebagai penerima rujukan tingkat pertama dalam penurunan AKI dan AKB serta keseiapan rumah sakit sebagai tempat rujukan penyakit tidak menular, penyakit HIV / AIDS dan lain-lain”, tutur Dirjen Pelayanan Medic Depkes RI.

Perizinan penyelenggaraan RSU Kota Padang Panjang itu, seiring dengan telah diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.07.06/ III/ 906/ 2008 tertanggal 19 Maret 2008, tentang pemberian izin penyelenggaraan Rumah Sakit Umum Daerah dengan nama "Rumah Sakit Umum Kota Padang Panjang" Provinsi Sumatera Barat.

Terletak di jalur dan persimpangan strategis yang menghubungkan sejumlah daerah Kab/ Kota se Sumbar, diantaranya Kota Padang, Bukittinggi, Solok dan Kab Tanah Datar, RSU yang berdiri diatas tanah seluas 5 hektare dan dengan luas bangunan gedung baru mencapai 13.725 meter persegi ini, hadir dengan mengemban misi "Menyelenggarakan upaya kesehatan yang bermutu tinggi di rumah sakit secara tepat, profesional dan terjangkau oleh masyarakat".

Seiring dengan komitmen Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang dalam mewujudkan peningkatan derajat dan pelayanan kesehatan masyarakat melalui kelengkapan sarana prasarana yang canggih dan didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, titel "bertaraf internasional" juga dirasa teramat pantas untuk disandang rumah sakit yang berdiri di kawasan perbukitan, dengan berjuta pesona dan keindahan alam di sekelilingnya.

Seiring lokasi strategis yang didukung dengan sanitasi udara alami, bersih dan sejuk ini, tak salah pula kiranya jika pemerintah daerah setempat memadukan konsep pembangunan rumah sakit dengan konsep pengembangan yang berwawasan lingkungan. Terletak di lokasi perbukitan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian dan kebisingan kota, merupakan suatu nilai lebih yang jelas lebih mengunggulkan RSU Kota Padang Panjang jika dibandingkan dengan rumah sakit di daerah lain.

Untaian misi yang tertuang dari penjabaran visi, yakni "Terwujudnya pelayanan prima di Rumah Sakit Umum Kota Padang Panjang tahun 2010", juga hendak diwujudkan melalui pengupayaan pada pencapaian sejumlah item dan kriteria pelayanan prima yang telah ditetapkan. Diantaranya dapat dipercaya, empati, responsif atau melayani dengan hati, kompetensi, serta dengan memberikan penghormatan sehingga pelanggan merasa dihargai.

Terhitung sejak awal mulai dioperasikan hingga sekarang, setidaknya RSU Kota Padang Panjang telah menyelenggarakan sebanyak 24 jenis pelayanan. 18 diantaranya merupakan jenis pelayanan rawat jalan dan 6 lainnya merupakan jenis pelayanan rawat inap (anak, bedah, penyakit dalam, kebidanan, mata dan THT). Dengan grafik jumlah kunjungan yang terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, RSU Padang Panjang setidaknya telah melayani hampir 500-an lebih pasien rawat jalan setiap harinya.

Dari data yang diterima koran ini, peningkatan grafik jumlah kunjungan pasien telah terlihat sejak tiga tahun belakangan. Dimana pada tahun 2005, jumlah kunjungan telah menembus angka 19.331 pelanggan. Meski setahun berikutnya sempat terjadi penurunan dan hanya berkisar pada angka 18.330, namun sejak awal tahun 2007 seiring dengan intensifnya pengoperasian RSU yang berlokasi di Jl. Tabek Gadang Ganting Gunung ini, jumlah kunjungan kembali menunjukkan peningkatan hingga mencapai 20.206 pengunjung.

Sebagai sebuah rumah sakit representatif bertaraf internasional, RSU "Type C" Kota Padang Panjang yang baru "seumuran jagung" ini, justru tak kalah bersaing. Bahkan sejumlah peralatan penunjang medis khususnya pengobatan mata, THT dan penyakit kulit kelamin, RSU Kota Padang Panjang merupakan satu-satunya rumah sakit yang ketersediaan alatnya paling lengkap di Sumatera Barat (lihat grafis). Nah tunggu apalagi, datang dan berobatlah ke Padang Panjang..!!

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Mengukur Kecepatan Web / Blog

Your domain(s): Masukkan Alamat blog atau Web Kamu(Maximum 10)
 
(ex: dedi-zikri.blogspot.com)    
 

Powered by Klik Now
Photobucket
Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
yoi...terhitung semenjak awal tahun ini saya beralih magang ke Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang,karena di kantor dinas sedang dibutuhkan tenaga tekhnisi,sedang kan pada seleksi semester 3 kemeren utusan dari dinas pendidikan ini di DO,jd mo ga mo kantor dinas meminta saya magang dulu di sini.....

Photobucket

inilah foto ruangan tempat saya Magang di dinas Pendidikan Padang panjang

sering berantakan terus sih,maklumlah orang pendataan...